Posted by : Miftahur Rohman Sunday, March 9, 2014



Banyak orang keliru percaya bahwa menembak dengan kamera video yang lebih baik akan memberi mereka rekaman yang lebih baik . Pada kenyataannya , menembak dengan kamera video top-of - the-line definisi tinggi seringkali tidak lebih untuk mengungkapkan kelemahan dalam gambar Anda daripada yang dilakukannya untuk memperbaiki mereka .
Perbedaan terbesar antara membawa pulang tembakan begitu-begitu dan cuplikan fantastis adalah bukan apa yang Anda menembak dengan , melainkan apa yang Anda menembak . Cara terbaik untuk menembak gambar yang lebih baik adalah untuk mengambil kontrol yang lebih besar atas tampilan hal-hal yang Anda menembak . Ini berarti berpikir kurang seperti operator kamera video dan lebih seperti Direktur Fotografi . Pikirkan tentang hal ini : seorang operator kamera video berdiri di belakang kamera dan tunas apa yang dia lihat . Tapi , Direktur Fotografi bergerak di seluruh set dan mengambil kendali atas segala sesuatu dalam bingkai . Sebuah Direktur Fotografi tidak hanya berkaitan dengan pengaturan kamera . DP membuat keputusan tentang segala sesuatu dari warna kemeja pada subjek dengan posisi alat peraga dan tampilan pencahayaan . Pencahayaan adalah faktor yang paling penting dalam menentukan kualitas gambar .
Ketika datang untuk membuat keputusan pencahayaan , setidaknya ada lima faktor yang perlu dipertimbangkan setiap kali Anda menghidupkan instrumen pencahayaan : Posisi , kecerahan , kualitas , bentuk dan warna .
1 ) Posisi
Posisi cahaya adalah tentang menyesuaikan panjang , arah dan sudut bayangan yang instrumen gips . Sebuah sumber cahaya ditempatkan di dekat kamera video menciptakan apa yang dikenal sebagai pencahayaan datar . Pencahayaan datar rendah pada skala kreativitas , dan netral dalam hal emosi . Sebagai cahaya dipindahkan lebih jauh ke sisi subjek menjadi semakin lebih dramatis dan emosional . Ketika cahaya tunggal menyerang salah satu sisi wajah subjek pada sudut 90 derajat dalam kaitannya dengan kamera , itu menciptakan tampilan yang sangat dramatis . Dan ketika menunjuk dinding di belakang subjek , hasilnya adalah siluet uber - dramatis .
2 ) Brightness
Kecerahan keseluruhan adegan sering disebut sebagai kunci tinggi atau rendah kunci . Pencahayaan kunci tinggi banjir seluruh adegan dengan tingkat tinggi cahaya sehingga semuanya terang benderang . Hal ini digunakan untuk happy , atau optimis adegan . Sebaliknya , pencahayaan rendah kunci gelap . Itu membuat penggunaan yang lebih besar dari bayangan dari pencahayaan dan , sebagai hasilnya , itu menciptakan drama dan ketegangan .
3 ) Kualitas
Kualitas mengacu pada kekerasan cahaya atau kelembutan . Lampu keras ditandai dengan tajam , yang didefinisikan tepi bayangan dan mendalam , bayangan gelap . Keras cahaya menarik keluar fitur sudut wajah dan menarik perhatian keriput dan lipatan . Hal ini dapat membuat subjek terlihat kuat , atau cuaca , atau jahat . Keras pencahayaan dapat membuat subjek tampak menakutkan . Pencahayaan lembut memiliki luas , bertahap bayangan tepi dan bayangan samar . Hal ini lebih menyanjung pada wajah . Ini menyembunyikan keriput dan garis-garis menyembunyikan di wajah, dan membuat orang tampak lebih ramah dan didekati . Mungkin lebih dapat dipercaya. Kekerasan instrumen pencahayaan dapat diubah dengan menyesuaikan lampu dari tempat banjir , atau dengan menambahkan bahan difusi atau softbox ke depan instrumen .
4 ) Bentuk
Bentuk adalah tentang cara mengontrol dan fokus cahaya . Dalam kebanyakan kasus , cahaya seharusnya tidak hanya mencuci merata atas segala sesuatu dalam adegan . Ini hanya harus pergi ke mana ia inginkan. Desainer pencahayaan selektif bentuk cahaya menjadi poros dan kolam renang untuk menyorot bagian-bagian tertentu dari adegan sementara memungkinkan orang lain untuk jatuh ke dalam bayang-bayang . Desainer pencahayaan profesional membentuk lampu video menggunakan alat pencahayaan seperti barndoors , snoots , cookies dan gobos , tapi apa pun yang ringan blok akan bekerja . Cahaya dapat dibentuk dengan menggunakan barang-barang rumah tangga seperti inti busa , window blinds atau cabang pohon buatan.
5 ) Warna
Warna cahaya adalah pertimbangan besar yang sering diabaikan dalam produksi video. Warna cahaya dapat dengan mudah diubah dengan menggunakan gel , dan warna cahaya memiliki pengaruh besar pada tampilan dan nuansa dari sebuah adegan . Kuning atau amber gel memberikan adegan perasaan hangat . Mereka juga dapat membuat tampilan matahari terbit pagi . Shots berwarna biru muda merasa dingin , seperti musim dingin . Petunjuk merah atau oranye pada sore hari, terutama bila dikombinasikan dengan posisi cahaya yang menciptakan bayangan panjang . Pencahayaan seluruh adegan dengan pencahayaan biru navy menciptakan penampilan malam hari . Shots dapat men-tweak dengan menggunakan sejumlah kecil warna , atau benar-benar berubah dengan mandi mereka dalam cahaya gel .
Cara terbaik untuk meningkatkan tampilan gambar Anda adalah untuk berpikir kurang seperti operator kamera video dan lebih seperti Direktur Fotografi . Berikan pertimbangan cermat untuk setup pencahayaan Anda . Rahasia untuk menembak cuplikan fantastis bukan untuk membeli kamera video yang lebih baik , itu untuk mengambil kontrol yang lebih besar atas apa yang terjadi di depan lensa kamera video .

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome Message

Category

Artikel Terkait

Tweets

Download Mp3

- Copyright © Tempatku Belajar -Santri Krapyak- Powered by Blogger