Posted by : Miftahur Rohman Sunday, March 9, 2014


Foto ini dibuat saat workshop portrait model di rumah akar, kota tua. Minggu itu seharian turun hujan. Saat tiba, hujan masih turun, tidak begitu deras tapi cukup untuk membuat kita basah kuyub. Biasanya di awal workshop kita selalu mengunakan cahaya matahari alami terlebih dahulu. Karena kondisi tidak ideal untuk praktik mengunakan cahaya matahari, maka itu saya mengajari tentang penggunaan flash terlebih dahulu
Untuk backgroundnya, saya memilih salah satu dinding yang ada di rumah akar, yang atapnya tidak bocor oleh air hujan tentunya. Lalu menempatkan model di depannya. Saya memberikan jarak sekitar 1.5 meter supaya cahaya flash yang akan mengenai subjek foto dan bayangan yang ditimbulkannya tidak bocor ke latar belakang.
85mm, f/4, 1/125, ISO 320 - Flash Nikon SB900 1/8 power, SB600 untuk background 1/16.
85mm, f/4, 1/125, ISO 320 – Flash Nikon SB900 1/8 power, SB600 untuk background 1/16. WB : Flash (sekitar 5500K) – Talent:  Intan Shofi
Seperti diagram dibawah, flash saya dudukan di lightstand, lalu saya arahkan ke payung pantul softbox. Supaya dinding background terang juga, saya memasang flash kedua dengan tenaga sedikit lebih lemah, dan memasangkan payung transparan/shoot supaya lebih menyebar. Di sebelah kanan saya meminta asisten untuk memegang reflektor dengan permukaan perak. Tujuannya supaya pencahayaan antara kiri dan kanan tidak terlalu kontras (berbeda terang gelapnya).
Dengan adanya flash, saya agak kuatir kalau cahaya lingkungan redup, karena saya malah gak mengunakannya.Hasil foto juga terlihat lebih tajam dan kontras. Kuncinya adalah meletakkan flash di luar kamera dan mengunakan payung untuk melembutkan cahaya. Jika dipasang diatas kamera dan diarahkan langsung, mustahil mendapatkan foto yang terlihat alami dan lembut.
Setelah diperiksa di komputer, ternyata bagian wajah agak sedikit terlalu terang. Hal ini terjadi karena warna kulit foto model jauh lebih putih daripada kostumnya yang berwarna gelap. Maka saya gelapkan sedikit bagian wajah supaya lebih seimbang.
Bagi yang mencari lightstand, adaptor, payung fotografi, atau aksesoris dasar off-camera flash photography/strobist bisa mendapatkannya dari ranafotovideo bagian strobist. Ikuti juga kursus dasar fotografi & lighting dan workshop portrait untuk lebih memahami cara kerjanya.
workshop-strobist-model

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome Message

Category

Artikel Terkait

Tweets

Download Mp3

- Copyright © Tempatku Belajar -Santri Krapyak- Powered by Blogger